RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : ......
Kelas / Semester : VI (Enam) / 1
Tema 1
: Selamatkan Makhluk Hidup
Sub Tema 1 : Tumbuhan
Sahabatku
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
PPKn
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas
nilainilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari .
|
1.1.1Memahami tiga contoh pelaksanaan sila kesatu dan
kedua dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
|
2
|
2.1 Bersikap
penuh tanggung jawab sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
|
2.1.1
Melakukan dua
kegiatan yang sesuai dengan sila kesatu dan kedua
dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
|
3
|
3.1 Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehdupan sehari-hari
|
3.1.1Menemukan tiga contoh pelaksanaan sila kesatu dan
kedua dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
|
4
|
4.1Menyajikan hasil analisis pelaksanaan
nilai-nilaiPancasila dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.1.1 Menerapkan dua kegiatan yang
sesuai dengan sila kesatu dan kedua dari sila Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari
|
SBdP
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.4
Memahami patung.
|
3.4.1 Menyebutkan berbagai patung dan cara
pembuatannya serta keterampilan
yang dibutuhkan.
|
2
|
4.4
Membuat patung.
|
4.4.1 Membuat model patung
|
C. TUJUAN PEMEBALAJARAN
1.
Setelah mendiskusikan cerita, siswa
mampu menemukan tiga contoh pelaksanaan
sila kesatu dan kedua dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
2.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menerapkan dua kegiatan yang sesuai dengan
sila kesatu dan kedua dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
3.
Setelah mengamati berbagai contoh
patung Nusantara, siswa mampu
menyebutkan berbagai patung dan cara pembuatannya serta keterampilan yang dibutuhkan.
4.
Dengan menggunakan bahan tanah liat,
lilin malam, atau adonan plastisin,
siswa mampu membuat model patung.
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
||||
Pendahuluan
|
¡ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡ Menyanyikan
lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Bagimu Negeri
(Padamu Negeri)”. Nasionalis
¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡ Pembiasaan
Membaca 15 menit. Literasi
¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selamatkan
Makhluk Hidup”. Nasionalis
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. Communication
|
10 menit
|
||||
Inti
|
§
Di akhir kegiatan, guru bersama siswa mendiskusikan
kembali pengamalan nilai Pancasila. Nasionalis
Nilai-nilai yang terkandung dalam sila “Ketuhanan Yang Maha Esa” sebagai
berikut.
1. Takwa terhadap Tuhan Yang Maha
Esa
2. Toleransi, penghormatan kepada
agama atau kepercayaan lain
3. Kerukunan antarumat beragama
Nilai-nilai yang terkandung dalam sila “Kemanusian yang adil dan beradab”
sebagai berikut.
1. Persamaan derajat
2. Menghargai hak asasi manusia
3. Solidaritas setia kawan
antarsesama manusia
4. Perdamaian
§
Siswa melanjutkan kegiatan dengan mengamati gambar dan
mencocokkannya dengan nilai-nilai yang diminta. Guru memberi waktu sekitar 2
menit dan mendiskusikannya. Satu orang siswa bisa menyampaikan hasilnya dan
guru dapat memberi penguatan. Communication
§ Siswa secara individu harus
menemukan contoh pengamalan sila kesatu dan kedua dalam kehidupan sehari-hari
dan penerapannya. Mandiri
§ Guru menerangkan daftar periksa
yang akan digunakan dalam penilaian.
Tulisan siswa dinilai dengan
daftar periksa yang terdapat di halaman penilaian.
§ Guru menyampaikan bahwa hasil
karya seni rupa dari gerabah dibuat dalam berbagai bentuk. Salah satunya
adalah patung Nusantara dari tanah liat. Patung-patung tersebut sangat
diminati, baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.
Communication
§ Siswa mengamati kerajinan patung
tanah liat Nusantara dari Kasongan, Yogyakarta.
§ Siswa mendiskusikan pertanyaan
yang terdapat dalam buku siswa. Guru berkeliling untuk memastikan bahwa semua
siswa aktif.
Proses Pembuatan Patung Nusantara
dari Tanah Liat
Pembuatan patung tanah liat dapat dilakukan dengan teknik cetak tekan maupun
ukir. Untuk teknik cetak tekan dan ukir, sebaiknya menggunakan tanah liat
plastis. Jangan menggunakan tanah yang terlalu lembek karena akan menyulitkan
untuk memperoleh bentuk yang tepat, rapi, dan jelas.
Tanah liat yang terlalu lembek akan lengket pada cetakan gips sehingga sulit
diangkat dari cetakan dan sulit untuk diukir.
§ Setelah mengamati berbagai patung
Nusantara dari tanah liat, siswa membuat patung dari tanah liat yang
disesuaikan dengan budaya daerah mereka masing-masing. Mandiri
§ Sebelum membuat patung, siswa
ditugaskan memperhatikan hal-hal berikut.
Untuk membuat patung Nusantara,
siswa dapat menggunakan tanah liat yang ditemukan di sekitar tempat tinggal
mereka. Jika di sekitar siswa tidak terdapat tanah liat, siswa bisa membuat
sendiri adonan dari tepung dengan langkah-langkah sebagai berikut.
§ Siswa mencoba membuat bentuk
model dengan menggunakan bahan. Kegiatan ini adalah untuk memberikan
kesempatan kepada siswa untuk berlatih agar terbiasa dengan bahan dan dengan
kelenturan tangan.
Kegiatan siswa dicatat dengan
menggunakan catatan anekdot.
§ Siswa melakukan perenungan dengan
menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa.
§ Guru dapat menambahkan pertanyaan
perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran Buku Guru.
|
150 menit
|
||||
Penutup
|
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡ Melakukan
penilaian hasil belajar
¡ Menyanyikan lagu daerah “Anak
Kambing Saya”
¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡
Buku Pedoman Guru Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
¡
Buku Siswa Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Kertas
HVS
¡ Tanah
liat/lilin malam/bahan untuk membuat plastisin (terigu, garam, air, minyak sayur)
¡ Patung
Nusantara (apabila ada)
Mengetahui
Kepala Sekolah
.
NIP. ...............
|
…………, ………….2018
Guru Kelas VI
.
NIP. ...............
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar